Nasional

KKP Perkuat Industri Pemindangan Rakyat di Kabupaten Karawang

INDOPOSCO.ID – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong pengembangan industri pemindangan skala mikro, kecil dan menengah (UMKM). Sebagai salah satu bentuk penguatan UMKM, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) menyerahkan paket bantuan Gudang Beku Portabel kapasitas 20 ton kepada Gabungan Kelompok Pengolah dan Pemasar Hasil Perikanan (Gapoklahsar) Sri Rahayu di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Senin (13/12/2021).

“Upaya ini merupakan langkah awal pengembangan usaha pemindangan berbasis kawasan untuk meningkatkan jejaring bisnis dan konektivitas usaha,” ujar Dirjen PDSPKP, Artati Widiarti, Senin (13/12/2021).

Artati menilai usaha pemindangan mempunyai potensi dalam pengembangan peluang bisnis, karena ikan pindang telah memiliki tempat khusus di hati masyarakat. Secara nasional potensi usaha pemindangan ikan cukup besar.

Baca Juga : Peningkatan Ekspor Ikan Harus Diimbangi Pemenuhan Kebutuhan Domestik

“Usaha ini juga merupakan kegiatan pengolahan yang secara nyata berperan strategis dalam pembangunan ekonomi perikanan,” sambungnya.

Melalui bantuan ini, Artati berharap Gudang Beku Portabel bisa menjadi pusat suplai bahan baku bagi pemindang ikan di Kabupaten Karawang. Dengan begitu, dampak ekonomi dapat langsung dirasakan dengan meningkatnya produksi dan pendapatan para pemindang, menurunnya biaya operasional penyimpanan dan harga bahan baku, serta mutu ikan semakin terjaga kualitasnya.

“Bantuan gudang beku portabel, merupakan salah satu upaya untuk menjamin kontinuitas pasokan bahan baku sekaligus mempertahankan mutu hasil perikanan,” terang Artati.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button