Nasional

KemenKopUKM Himpun Komunitas UMKM di Lebak Sebagai Wadah Aspirasi

INDOPOSCO.ID – Kementerian Koperasi dan UKM melakukan langkah strategis dengan menghimpun komunitas-komunitas UMKM di Kabupaten Lebak, Banten.

“Tujuannya, dapat memberikan wadah aspirasi bagi para pelaku usaha yang tergabung dalam komunitas untuk memberikan masukan, informasi, serta kendala yang dihadapi dalam menjalankan usahanya,” kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim, saat membuka Forum Komunikasi Komunitas Pelaku UMKM, di Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (11/12).

Baca Juga : KemenKopUKM Bersama SMESCO Indonesia Kimia Farma Apotek Dorong Penjualan Produk UKM

Di depan puluhan masyarakat dari berbagai komunitas di Lebak, seperti komunitas kerajinan, kuliner dan lain-lain, SesKemenKopUKM berharap, dengan adanya forum ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi komunitas pelaku koperasi dan UMKM dalam meningkatkan kapasitas SDM UMKM.

“Sehingga, dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing produk unggulan daerah yang berbasis kearifan lokal, serta dapat terus dikembangkan secara berkelanjutan di Kabupaten Lebak,” kata Arif.

Tak hanya itu, Arif juga berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat membangkitkan kembali UMKM terdampak Covid-19, sekaligus menjadi bagian dari strategi bersama untuk mempercepat transformasiUMKM dan koperasi ke dalam sektor formal.

“Termasuk ke dalam rantai nilai dan masuk ke dalam ekosistem digital,” tandas SesKemenKopUKM.

Berdasarkan data dari World Bank 2021, 80% UMKM yang sudah terhubung ke dalam ekosistem digital, memiliki daya tahan lebih baik di masa pandemi.

Sebagian besar UMKM selamat karena menjalankan usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital, bahkan ada yang tumbuh dan berkembang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button