Nusantara

Penyebab Banjir Bandang di Kudus Akibat Hutannya Gundul

INDOPOSCO.ID – Bencana banjir bandang yang melanda Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diduga kuat karena hutan yang ada di Pegunungan Kendeng gundul sehingga air hujan tidak terserap ke tanah ketika curah hujan tinggi.

“Kami sudah mengeceknya langsung kawasan Pegunungan Kendeng dengan melihatnya langsung dari udara. Dari atas memang terlihat gundul, sehingga wajar curah hujan tinggi menyebabkan banjir bandang karena airnya tidak terserap ke tanah, melainkan langsung turun ke aliran sungai setempat,” ujar Bupati Kudus Hartopo menanggapi banjir bandang di Desa Wonosoco di Kudus, seperti dikutip Antara, Rabu (3/11/2021).

Baca Juga : Aceh Barat Waspada Terjangan Banjir Bandang

Selain mengakibatkan banjir, kata dia, dampak hutannya gundul juga menyebabkan sedimentasi di sepanjang aliran sungai yang melintasi Desa Wonosoco, sehingga normalisasi sungai juga perlu dilakukan.

Untuk itulah, kata dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten tetangga, seperti Kabupaten Pati dan Grobogan karena kawasan Pegunungan Kendeng tersebut memang lintas wilayah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button