Nasional

Menteri ESDM Tawarkan Investasi Energi Bersih

INDOPOSCO.ID – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menawarkan peluang investasi energi bersih di Indonesia kepada para pemimpin dunia dalam diskusi panel peluncuran Net Zero World pada COP-26 di Glasgow, Skotlandia, pada Rabu (3/11/2021).

“Indonesia memiliki sumber daya baru dan terbarukan yang melimpah, terutama solar (surya) diikuti oleh hidro, bioenergi, angin, panas bumi, dan lautan dengan total potensi 648,3 GW, termasuk potensi uranium untuk pembangkit listrik tenaga nuklir,” kata Arifin dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, seperti dikutip Antara, Sabtu (6/11/2021).

Baca Juga : Pemerintah Sinergikan Pengembangan Industri Penunjang Migas

Menurutnya, potensi bisnis energi bersih tersebut masih terbuka lebar karena banyak sumber energi bersih yang belum dimanfaatkan secara optimal.

Saat ini, total potensi sumber daya energi bersih yang telah dimanfaatkan tersebut baru mencapai dua persen.

Dalam forum itu, Menteri Arifin menyoroti harga energi bersih yang mulai tumbuh kompetitif terkhusus panel surya yang cenderung menurun.

Baca Juga : Pemerintah Siapkan Strategi Tangani Pertambangan Ilegal

Apalagi didukung dengan pengembangan teknologi baru, seperti pumped storage, hidrogen, dan battery energy storage system (BESS), sehingga akan mengoptimalkan pemanfaatan potensi energi baru terbarukan yang melimpah di Indonesia.

“Ini bisa bersaing dengan energi fosil,” ujar Arifin.

Dalam meningkatkan kebutuhan energi, pemerintah Indonesia menyediakan akses energi kepada seluruh masyarakat terutama di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal atau 3T dengan harga listrik terjangkau serta tetap memperhatikan ketersediaan sumber daya energi setempat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button