Gaya Hidup

Dokter Ingatkan Bahaya Gangguan Jantung Akibat Covid-19

INDOPOSCO.ID – Dokter Spesialis Jantung dari Perhimpunan Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) dr. Hardja Priatna, Sp.JP (K) mengingatkan bahaya timbulnya gangguan jantung setelah terinfeksi Covid-19.

“Memang Covid-19 ini adalah sesuatu yang baru, begitu banyak hal yang kita tidak tahu. Jadi selama hampir dua tahun ini, kita terus mengumpulkan data dan mempelajari virus ini. Memang sudah dilaporkan ada beberapa gangguan jantung akibat infeksi virus ini,” kata Hardja di Jakarta, seperti dikutip Antara, Sabtu (6/11/2021).

Beberapa contoh gangguan jantung yang bisa terjadi akibat Covid-19, kata Hardja, di antaranya miokarditis (peradangan pada otot jantung), pericarditis (peradangan selaput jantung), dan aritmia (gangguan irama jantung).

Baca Juga : Kendalikan Stres Bantu Cegah Kanker Payudara

“Gangguan irama jantung ini ada yang fatal, ada juga yang tidak,” imbuhnya.

Diketahui bahwa hingga saat ini, penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia tercantum di Indonesia. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa sekitar 17,8 juta kematian atau satu dari tiga kematian di dunia setiap tahunnya disebabkan oleh penyakit jantung.

Sementara berdasarkan riset Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia tahun 2018, prevalensi penyakit jantung berdasarkan diagnosis dokter Indonesia sebesar 1,5 persen.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button