Nasional

Kompolnas Apresiasi Upaya Kapolri Dorong Kesetaraan Gender

INDOPOSCO.ID – Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti mengapresiasi upaya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang berjanji memberikan posisi strategis kepada Polisi wanita (Polwan).

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung hal ini,” kata Poengky dalam pesan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin (3/1/2022), seperti dikutip Antara.

Poengky menyebutkan, jumlah Polwan saat ini hanya 5,8 persen dari jumlah seluruh anggota Polri yang mencapai 450 ribu personel. Jumlah tersebut, terkecil di Asia Tenggara.

“Padahal jumlah perempuan di Indonesia itu 50 persen dari total jumlah penduduk,” ujarnya.

Menurut Poengky, jumlah Polwan perlu lebih diperbanyak untuk melayani masyarakat. Selain perlunya peningkatan rekrutmen Polwan, perlu juga peningkatan jumlah Polwan yang menjadi kapolsek dan kapolres.

“Kami juga mendorong perlunya meningkatkan pangkat Polwan menjadi Inspektur Jenderal (Irjen),” kata Poengky.

Poengky mengatakan saat ini baru ada tiga Polwan berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen), yaitu Brigjen Pol Ida Oetari, Wakapolda Kalimantan Tengah, Brigjen Pol Apriastini, Kepala Pusat Sejarah Polri (Kapusejarah), dan Brigjen Pol Juansih, Karojianbang Lemdiklat Polri.

“Menurut kami kesemuanya sangat layak menyandang pangkat Irjen,” kata Poengky.

Poengky pun berharap Polwan bisa dipercaya menjadi kapolda dan posisi- posisi strategis bintang dua lainnya. Karena, Polwan sudah menunjukkan prestasinya yang tidak kalah dari rekan-rekannya Polisi laki-laki (Polki).

“Polwan sudah menunjukkan prestasinya yang luar biasa. Tak kalah dengan rekan-rekannya Polki. Bahkan dalam beberapa hal lebih baik, misalnya terkait dengan kedisiplinan, bersih dari korupsi, dan lebih melayani,” kata Poengky.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button