Nasional

Menristek Tegaskan GeNose Hanya Alat Penyaring, Bukan Pengganti PCR Test

INDOPOSCO.ID – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro menegaskan, alat GeNose ini adalah sebagai alat penyaringan (screening) dan bukan alat sebagai pengganti PCR Test.

Menurutnya, seiring berjalannya waktu, alat GeNose yang menggunakan artificial intelligent (AI) akan semakin akurat. “GeNose sudah diuji validasinya dengan 2000 sampel dan akurasinya sudah 90 persen. Semakin banyak dipakai alat ini akan semakin akurat karena akan selalu di update oleh tim dari UGM,” kata Bambang saat meninjau uji coba penerapan GeNose di Stasiun KA Pasar Senen, Rabu (3/2/2021).

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan kelebihan lain dari GeNose adalah mudah digunakan. Selain itu, kata dia, pengoperasian GeNose sudah terkomputerisasi.

“Kebetulan kelebihan dari GeNose ini pertama adalah nyaman dipakai, kemudian tidak perlu dicolok istilahnya. Kemudian yang kedua mudah dioperasikan, karena menggunakan perangkat komputer yang biasa kita pakai,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button