Headline

Status PPKM 191 Kabupaten/Kota di Luar Jawa Bali Naik Level 1

INDOPOSCO.ID – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, menerbitkan instruksi mendagri (Inmendagri) terbaru pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk luar wilayah Jawa dan Bali. Inmendagri itu berlaku mulai 24 Desember hingga 3 Januari 2022.

Inmendagri terbaru itu nomor 69 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, 2 dan 1 serta mengoptimalkan posko penanganan Corona Virus Disease 2019 di tingkat desa dan kelurahan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Safrizal ZA menjelaskan, Inmendagri Nomor 69 tahun 2021 itu dikeluarkan setelah berkoordinasi dengan Kemenko Perekonomian sebagai koordinator PPKM luar Jawa Bali dan kementerian lembaga terkait.

Baca Juga : Ini Instruksi Terbaru Mendagri soal PPKM Jawa-Bali

“Inmendagri ini akan berlaku dan berjalan paralel dengan (peraturan) Nataru. Hal-hal yang belum diatur dalam inmen nataru akan mengacu kepada Inmendagri yang baru dikelurkan,” kata Safrizal melalui gawai, Jakarta, Jumat (24/12/2021).

Beberapa point catatan dalam Inmendagri terbaru tersebut di antaranya, perubahan level 1 PPKM terjadi kenaikan. Periode sebelumnya terdapat 129 kabupaten/kota di luar Jawa Bali.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button