Nusantara

Ekspor Banten Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Nasional Tahun 2021

INDOPOSCO.ID – Gairah ekspor di Banten terus tumbuh pada tahun 2021. Beberapa produk yang diekspor di Banten di antaranya pertanian, kelautan dan produk lainnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten, Babar Suharso, Jumat (31/12/2021) mengatakan, Banten telah beberapa kali melakukan ekspor.

Catatan terakhir ini pada 31 Desember 2021 dilakukan secara serempak oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yang melepaskan ekspor secara serempak di Pelabuhan Makassar.

Kegiatan Gebyar Ekspor Pertanian ini mengangkat tema “Ekspor Tangguh, Indonesia Tumbuh.” Acara itu juga dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat 31 Desember 2021.

Baca Juga : Kapolda Banten Instruksikan Tak Ragu Beri Sanksi pada Pelanggar Prokes Kawasan Wisata

Mentan Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor hasil pertanian dari 34 provinsi termasuk Provinsi Banten dengan nilai Rp14,4 triliun. Volumenya mencapai 1,3 juta ton ke 124 negara.

Menurut Babar, Banten pada ekspor di ujung tahun 2021 ini mengekspor Sarang Burung Walet dan Manggis.

“Banyak produk pertanian yang di ekspor di Banten di antaranya bubuk kakao,” ujarnya.

Sebelumnya, di Provinsi Banten melakukan prosesi pelepasan ekspor yang dilaksanakan di dua lokasi pada 24 Desember 2021. Lokasi pertama PT. Polyplex Films Indonesia, di Kawasan Induatri Modern Cikande, Kabupaten Serang dan lokasi kedua yakni, PT. Prima Cooper Industri, di Jalan Kali Perancis Raya No.88, Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang.

Selain itu, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga, menghadiri langsung pelepasan ekspor dari lokasi PT. Prima Cooper industri, didampingi oleh Irjen Kemendag Dodid Noordiatmoko, Kadisperindag Provinsi Banten Babar Suharso, dan Komisaris PT. Prima Cooper Industri Eric Wjaya.

Di dua lokasi tersebut, juga pelepasan ekspor dilaksanakan oleh PT. Prima Mandala Makmur, Kabupaten Tangerang.

Sebagaimana data visual yang ditayangkan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada kesempatan tersebut, dari tiga perusahaan yang melakukan pelepasan ekspor pada Kamis 23 Desember 2021 di Provinsi Banten, tercatat nilai ekspor total sebesar 1,5 juta US Dollar atau setara Rp 21 miliar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button