Nasional

Kemenhub Berangkatkan Kapal Tol Laut Perdana ke Maluku

INDOPOSCO.ID – Kementerian Perhubungan melalui operator trayek angkutan tol laut PT Luas Line memberangkatkan kapal tol laut perdana tahun 2023 ke Maluku yang mengangkut bahan pokok dan penting lainnya dengan total muatan sebesar 54 TEUs.

Kepala Subdirektorat Angkutan Laut Khusus dan Usaha Jasa Terkait Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) Capt. Pujo Kurnianto mengatakan, rincian muatan adalah 16 TEUs ke Pulai Obi, 19 TEUs ke Piru, 22 TEUs ke Bula, tujuh TeUs ke Pulau Larat.

“Sedangkan trayek ini melayani T-30 mengarah ke Maluku, dengan rute Tanjung Perak-Pulau Obi – Piru – Bula – Larat – Tepa dan kembali lagi ke Tanjung Perak,” kata Capt. Pujo Kurnianto usai melepas kapal tol laut KM Kendhaga Nusantara 12 di Dermaga Berlian, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Selasa.

Baca Juga : Terjadi Empat Kali Gempa Susulan di Maluku

Menurut dia, berkaca dari evaluasi tahun lalu pihaknya mengakui masih ada kendala yang dihadapi terkait armada kapal dan kontainer meskipun telah di dukung oleh sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta.

“Salah satu untuk mengatasi kendala itu, dari beberapa trayek baru kami titipkan kontainer-kontainer di kapal komersil besar seperti Meratus, yang kemudian dibawa seumpama ke Ambon, lalu dari Ambon baru dibawa dengan kapal-kapal tol laut,” kata dia.

Pola seperti itu, lanjut dia, saat ini Kemenhub galakkan untuk mengatasi kelemahan atau kendala di angkutan tol laut.

“Masih ada beberapa pola lagi yang akan dilaksanakan, tetapi pada intinya yang kami harapkan pelayanan di tiga daerah tertinggal, terdepan, terluar dan perbatasan (3TP) tetap bisa maksimal dan frekuensi kedatangan kapal bisa semakin meningkat,” ujar dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button