Nasional

2 Obat Antivirus Terbaru untuk Pasien Covid-19 Gejala Ringan hingga Sedang

INDOPOSCO.ID – Pemerintah telah menyiapkan obat anti virus baru antara lain molnupiravir dan paxlovid. Ketersediaan obat dalam negeri tersebut, untuk menghadapi gelombang lanjutan Covid-19.
Menurut Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Agus Dwi Susanto, obat antivirus tersebut telah mendapat rekomendasi dari organisasi profesi kesehatan.
Terdapat lima organisasi profesi di Indonesia, yaitu Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI).
Selain itu, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN), dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).
“Untuk edisi sekarang kita pakai obat baru molnupiravir dan paxlovid, ini sudah masuk dalam paket dari Kemenkes. Sudah sesuai rekomendasi profesi,” kata dr Agus dalam acara daring, Jakarta, Rabu (9/2/2022).
Molnupiravir diperuntukkan bagi pengobatan pasien Covid-19 bergejala ringan hingga sedang. Obat itu dibuat mengurangi tingkat keparahan Covid-19 dan mencegah komplikasinya, sekaligus menurunkan risiko penularan virus Corona.
“Untuk ringan hingga sedang, terutama risiko perburukan. Jadi Molnupiravir memang direkomendasikan dan ada dalam buku,” tutur dr Agus.
Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Erlina Burhan menyebut, Molnupiravir dan Paxlovid sudah masuk dalam Buku Pedoman Tatalaksana Covid-19 Edisi 4. Buku itu baru saja terbit pada Januari 2022.
“Ini (Molnupiravir dan Paxlovid) kami tambahkan di dalam buku Tatalaksana Covid-19 Edisi ke-4,” ujar Erlina. Kemenkes diketahui sudah mengamankan 400 ribu tablet molnupiravir. (dan)

Sponsored Content
Back to top button