Nasional

Tingkatkan Kemampuan, Kementan Gelar Pelatihan Alsintan Tenaga TeFa SMKPP

INDOPOSCO.ID – Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo mengingatkan kepada pelaksana pendidikan lingkup Kementerian Pertanian (Kementan) RI untuk meningkatkan kualitas SDM pertanian, di antaranya dengan mengembangkan Teaching Factory (TeFa).

Menurut Mentan Syahrul, diperlukan lembaga pendidikan pertanian yang berfungsi sebagai wadah untuk mencetak tenaga SDM pertanian yang andal, professional, maju, mandiri dan modern.

“Ini semua dilakukan karena pengelolaan pertanian saat ini harus dilakukan dengan melibatkan teknologi. Pertanian harus bergerak secara maju, mandiri dan modern,” tegasnya.

Baca Juga : Syahrul Yasin Limpo Resmi Terima Estafet Kepemimpinan Kelompok Kerja Pertanian G20

Hal senada disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi.

“Mesin cetak SDM unggulan ada di lembaga pendidikan. Kementan punya lembaga pendidikan vokasi, yang berperan penting membentuk generasi milenial sebagai pelaku pertanian yang maju, mandiri dan modern,” ujarnya.

Dedi menambahkan, pelaku pertanian harus link dan match dengan dunia usaha/dunia industri, sehingga setelah lulus, mampu tampil sebagai petani milenial andal, kreatif dan berdaya saing, serta mampu bekerja professional sebagai insan pertanian yang mampu menggerakan produktivitas pangan ke arah ekspor dan menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.

Baca Juga : Mentan SYL Targetkan Penanaman 10 Juta Pohon Kopi di Tahun 2022

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button