Nasional

Pemerintah Alokasikan Dosis Kedua Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

INDOPOSCO.ID – Juru Bicara Vaksinasi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pemerintah melakukan percepatan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. Hal ini dilakukan karena mendapatkan suplai vaksin cukup dan alokasi anggaran.
“Tambahan anggaran ini digunakan untuk membeli vaksin di 2022 nanti. Keputusan ini, bukan hanya dilakukan pada anak. Tapi juga vaksinasi bagi usia lainnya,” ujar Siti Nadia Tarmizi secara daring, Rabu (15/12/2021).
Dosis untuk vaksinasi bagi anak 6-11 tahun, menurut dia, pemerintah telah menyediakan 6,4 juta dosis. Jumlah dosis tersebut digunakan di 114 kabupaten/ kota.
“Sasaran vaksinasi harus sudah 70 persen dan cakupan vaksinasi untuk lansia 60 persen,” ucapnya.
Ia menegaskan, program vaksinasi bagi kelompok lansia tetap dikebut. Sebab, kelompok tersebut kelompok rentan yang harus diprioritaskan.
“Keputusan percepatan vaksinasi bagi anak, tidak kemudian kami tidak fokus vaksinasi pada kelompok rentan lainnya,” terangnya.
Ia menambahkan, pada Januari 2022 mendatang dipastikan vaksin Sinovac akan datang. Dan pemerintah telah mengalokasikan vaksin Sinovac untuk dosis kedua bagi anak-anak usia 6-11 tahun.
“Bagi kabupaten/ kota yang melaksanakan vaksinasi kepada anak usia 6-11, maka vaksin Sinovac tidak digunakan untuk lainnya. Tetapi harus diprioritaskan pada anak,” terangnya.
(nas)

Sponsored Content
Back to top button