Nasional

Dokter Sarankan Relawan dan Warga di Sekitar Semeru Pakai Masker

INDOPOSCO.ID – Dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan pulmonologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Arto Yuwono Soeroto menyarankan para relawan dan warga yang berada di sekitar Gunung Semeru di Jawa Timur mengenakan masker dalam setiap aktivitas.

Selain untuk mencegah penularan virus corona penyebab Covid-19, ia menjelaskan, masker dibutuhkan untuk menghindari dampak paparan debu vulkanik yang mengandung silika, yang bisa menimbulkan gangguan pada saluran pernafasan.

“Pada orang yang tidak punya riwayat penyakit paru, debu-debu vulkanik dalam keadaan akut bisa bikin iritasi mata, hidung, tenggorokan, dan saluran napas,” kata Arto dalam keterangan pers yang diterima di Bandung, Jawa Barat, seperti dikutip Antara, Jumat (10/12/2021).

Baca Juga : Cek Posko DVI, Kapolda Jatim: 34 Jenazah Telah Ditemukan, 23 Teridentifikasi

Pada orang yang punya penyakit paru-paru seperti asma dan penyakit paru-paru obstruktif kronik, ia melanjutkan, paparan debu vulkanik akan memperberat penyakit.

Ia menambahkan, orang yang terpapar debu vulkanik dalam waktu lama berisiko mengalami kelainan paru-paru yang disebut silikosis.

Oleh karena itu, Arto menyarankan para sukarelawan yang bertugas di sekitar Semeru memakai masker N95 yang memiliki kemampuan paling baik dalam menyaring debu vulkanik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button