Nasional

Penyampaian Informasi Covid-19 Perlu Pendekatan Sosial-Budaya

INDOPOSCO.ID – Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) Melani Budianta mengatakan respons masyarakat yang beragam terhadap Covid-19 menunjukkan pentingnya pendekatan aspek sosial budaya dan komunikasi dalam menyampaikan informasi mengenai Covid-19.

“Kira-kira bulan Juni 2020 ketika angka penyebaran Covid-19 masih meningkat, sejumlah dosen dari berbagai bidang ilmu mulai gelisah. Sangat jelas bahwa Covid-19 bukan masalah epidemiologi saja, namun bersifat multidimensional,” ujar Prof. Melani Budianta dalam keterangannya di Depok, Jawa Barat, Minggu (31/10), seperti dikutip Antara.

Baca Juga : Perlu Ada Konsistensi Jaga Imunitas Pascaimunisasi Covid-19

Untuk itu para pendidik yang berasal dari bidang ilmu kesehatan dan ilmu sosial budaya akhirnya memutuskan untuk bekerja sama dalam satu Tim Lintas Disiplin UI untuk memberikan kontribusi dalam mengedukasi mengenai Covid-19.

Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM UI) Prof. Dr. dr. Ratna Djuwita mengatakan kerja dilaksanakan dengan mengamati informasi Covid-19 di media massa serta memetakan informasi yang keliru/hoaks serta kurang lengkap atau tidak komunikatif. Ada juga contoh informasi lengkap dan mudah dimengerti oleh orang awam.

Dengan latar belakang situasi tersebut, Tim Lintas Disiplin UI sepakat bahwa diperlukan suatu himpunan pengetahuan sebagai landasan.

Baca Juga : Ini Lima Tantangan Utama Ekonomi RI Pasca Covid-19 Versi Gubernur BI

Tim dari bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran kemudian menyusun semua pengetahuan yang mereka kuasai tentang Covid-19 secara rinci, kemudian diterjemahkan oleh Tim Bidang Sosial dan Humaniora agar dapat dipahami dengan mudah oleh masyarakat yang memiliki berbagai latar belakang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button