Ekonomi

Ini Lima Tantangan Utama Ekonomi RI Pasca Covid-19 Versi Gubernur BI

INDOPOSCO.IDGubernur Bank Indonesia (BI) yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Perry Warjiyo mengungkapkan lima tantangan utama perekonomian Indonesia pasca Covid-19, yang perlu dicermati pengurus dan anggota ISEI 2021.

Tantangan tersebut yakni pemulihan ekonomi global yang tidak merata, scaring effect terhadap stabilitas sistem keuangan, akselerasi ekonomi dan keuangan digital yang semakin cepat, kebutuhan inklusi ekonomi dan keuangan yang semakin nyata serta dorongan untuk implementasi ekonomi dan keuangan hijau.

“Untuk menjawab tantangan tersebut, terdapat enam respons kebijakan yang dilakukan,” kata Perry dalam diskusi publik secara virtual di Jakarta, seperti dikutip Antara, Jumat (29/10/2021).

Baca Juga : Gubernur BI Fokus Pemulihan Bersama Bagi Seluruh Negara

Dalam keterangan resminya, Perry melanjutkan keenam respons tersebut yakni sinergi bauran kebijakan nasional untuk pemulihan ekonomi antara pemerintah, BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), antara lain melalui sinergi pembukaan sektor ekonomi, pemulihan korporasi dan pembiayaan perbankan bagi dunia usaha.

Respons kedua adalah seluruh instrumen bauran kebijakan BI yang diarahkan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, berkoordinasi erat dengan pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button