Nasional

Gubernur BI Fokus Pemulihan Bersama Bagi Seluruh Negara

INDOPOSCO.ID – Gubernur Bank Indonesia Perry Wajiyo menekankan pemulihan yang merata dan secara bersama-sama terhadap seluruh negara dari dampak pandemi COVID-19.

Perry mengatakan hal itu dapat diraih melalui pelaksanaan exit strategy yang well calibrated, well planned, dan well communicated.

“Ini untuk memastikan seluruh negara dapat pulih secara bersama-sama,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Penekanan ini diulas dalam rangkaian Pertemuan Tahunan International Monetary Fund dan World Bank (IMF-World Bank) termasuk di dalamnya pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara G20.

Sejauh ini, penyembuhan global terus bersinambung walaupun masih terdapat kesenjangan antar negara akibat perbandingan akses terhadap vaksin dan ruang untuk dukungan kebijakan.

Secara global penyembuhan menghadapi berbagai aspek resiko terutama kebingungan cepatnya penyebaran varian Delta dan timbulnya varian virus baru yang lebih kasar.

Kemudian perubahan iklim dan reformasi digital juga muncul sebagai tantangan besar secara global.

Berbagai aspek tersebut menimbulkan ketidakpastian terhadap outlook perekonomian termasuk IMF yang memproyeksikan global tumbuh 5,9 persen pada 2021 dan 4,9 persen pada 2022.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button