Internasional

Jokowi dan Putin Bahas Peluang Dibukanya Kembali Kran Ekspor Gandum

INDOPOSCO.ID – Presiden Rusia Vladimir Putin lewat sambungan telepon berbicara dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) membahas tentang akan dimulainya kembali ekspor gandum Ukraina.

“Dalam konteks memastikan keamanan pangan global, Vladimir Putin menguraikan pendekatan berprinsip Rusia untuk menerapkan paket perjanjian Istanbul mengenai ekspor gandum Ukraina dari pelabuhan Laut Hitam, dan membuka blokir ekspor produk pertanian dan pupuk Rusia ke pasar dunia,” kata Kremlin dalam pernyataannya seperti dikutip Antara, Kamis (3/11/2022).

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa Moskow akan kembali melaksanakan kesepakatan koridor biji-bijian Laut Hitam yang dicapai Juli ini. Putin menyatakan Rusia telah menangguhkan partisipasinya dalam kesepakatan tersebut karena serangan Ukraina terhadap infrastruktur dan armada lautnya di Sevastopol, Laut Hitam.

“Setelah menerima jaminan yang diperlukan dari pihak Ukraina bahwa rute kemanusiaan tidak akan digunakan untuk tujuan militer, Rusia melanjutkan implementasi kesepakatan gandum,” ujar dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button