Internasional

Miliarder Rusia: Dunia Hadapi Krisis Pangan Akibat Perang Ukraina

INDOPOSCO.ID – Krisis pangan global membayangi, kecuali perang di Ukraina dihentikan, karena harga pupuk melonjak begitu cepat sehingga banyak petani tidak mampu lagi membeli nutrisi tanah, kata miliarder pupuk dan batu bara Rusia Andrei Melnichenko, Senin (14/3/2022).

Beberapa pengusaha terkaya Rusia secara terbuka menyerukan perdamaian sejak Presiden Vladimir Putin memerintahkan invasi pada 24 Februari, termasuk Mikhail Fridman, Pyotr Aven dan Oleg Deripaska.

Amerika Serikat dan sekutunya di Eropa telah menganggap invasi Putin sebagai perampasan tanah bergaya kekaisaran.

Mereka telah memberikan sanksi kepada pengusaha Rusia- termasuk sanksi Uni Eropa terhadap Melnichenko, aset negara yang dibekukan dan memutuskan sebagian besar sektor korporasi Rusia dari ekonomi global dalam upaya untuk memaksa Putin mengubah arah.

Baca Juga : China Bantah Tuduhan Persenjatai Rusia

Putin menolak. Dia menyebut perang itu sebagai operasi militer khusus untuk membersihkan Ukraina dari nasionalis dan Nazi yang berbahaya.

“Peristiwa di Ukraina benar- benar tragis. Kami sangat membutuhkan perdamaian,” Melnichenko, 50 tahun, yang berkebangsaan Rusia tetapi lahir di Belarus dan memiliki ibu Ukraina, mengatakan kepada Reuters dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui surel oleh juru bicaranya, Selasa (15/3/2022), seperti dilansir Antara.

“Salah satu korban krisis ini adalah pertanian dan pangan,” katanya.

Melnichenko adalah pendiri EuroChem, salah satu produsen pupuk terbesar Rusia, yang pindah ke Zug, Swiss, pada tahun 2015, dan SUEK, produsen batu bara utama Rusia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button