Internasional

Indonesia Bawa Kepentingan Negara Kepulauan Dalam Presidensi G20

INDOPOSCO.ID – Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar menyampaikan, Indonesia membawa kepentingan negara-negara kepulauan selama menjalani masa presidensi dalam kelompok 20 negara ekonomi besar dunia (G20).

Hal itu disampaikan Mahendra dalam diskusi virtual antara Indonesia dan Jamaika yang membahas perubahan iklim, menurut keterangan Kedutaan Besar RI di Havana, Kuba yang diterima di Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Wamenlu menyebutkan, untuk pertama kalinya dalam sejarah, Presidensi G20 memutuskan untuk mengundang negara-negara kepulauan kecil yang diwakili oleh Komunitas Karibia (Caribbean Community/CARICOM) dan Forum Kepulauan Pasifik (Pacific Islands Forum/PIF).

“Kami ingin G20 menjadi relevan bukan hanya untuk negara-negara anggota, melainkan juga seluruh dunia,” ujar Mahendra Kamis (13/1/2022), seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Presidensi G20 Momentum Kebangkitan Pariwisata Bahari Indonesia

Dengan menggandeng negara-negara kepulauan kecil, dia berharap pemulihan yang inklusif dapat segera tercapai sebagaimana yang tertera dalam tema presidensi G20 Indonesia, “Recover Together, Recover Stronger”.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button