Headline

Yaqut: Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa di Forum R20

INDOPOSCO.ID – Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas di hadapan para pemuka lintas agama dunia di acara G20 Religion Forum (R20) menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merupakan pemersatu bangsa.

Dalam salah satu sesi diskusi pada forum R20 di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (2/11), ia menjelaskan Pancasila menjadi pemersatu bangsa karena tidak hanya berfungsi sebagai simbol, tetapi rangkaian prinsip dan nilai-nilai luhur yang disepakati bersama oleh para pendiri bangsa untuk menjamin keutuhan NKRI.

“Dengan itu, Pancasila diposisikan sebagai visi bersama bagi pencapaian tujuan-tujuan negara bangsa yang diperjuangkan. Pancasila adalah sign of unity (simbol persatuan),” kata dia Rabu (2/11), seperti dikutip Antara.

Berita Terkait

Pembahasan mengenai Pancasila menjadi tema utama pidato Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dalam forum R20, karena pada sesi itu berbagai perwakilan pemerintah dan pemuka agama saling berbagi pengalaman dan wawasan mengenai cara-cara menyelesaikan konflik serta perpecahan.

Ia menjelaskan Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia, memiliki sistem ideologi yang terbuka sehingga dapat menjadi alat mempersatukan berbagai perbedaan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button