Headline

Ini Peluang AHY Dampingi Anies

INDOPOSCO.ID – Pengamat politik Nyarwi Ahmad menjelaskan peluang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan pada Pemilu 2024.

“Ada dua faktor yang sangat menentukan peluang AHY untuk mendampingi Anies,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (7/10).

Dia menjelaskan faktor pertama adalah dukungan dari partai politik (Parpol) lain yang potensial menjadi mitra koalisi Nasdem khususnya PKS.

Menurut dia, sejauh mana PKS rela kehilangan tiket cawapres jika Anies memilih AHY sebagai wakilnya. PKS merupakan salah satu tipikal partai di Indonesia yang dikenal sebagai partai kader, selain partai PDI Perjuangan.

Selain itu, PKS juga merupakan salah satu partai di Indonesia yang dikenal sangat getol untuk mendorong ‘kader internal’ maju sebagai kandidat dalam berbagai kontestasi Pemilu.

“Kalau melihat kecenderungan seperti ini, maka nasib AHY untuk menjadi Cawapres Anies, akan berada di tangan pimpinan PKS, khususnya Majelis Syuro PKS,” jelasnya.

Faktor kedua kata Nyarwi adalah daya ungkit elektabilitas AHY sebagai Cawapres jika nanti dipilih Anies sebagai pendamping.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button