Headline

Pemerintah Hapus Daftar 14 Negara yang Dilarang Masuk Indonesia

INDOPOSCO.ID – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan, meniadakan daftar 14 negara dengan transmisi komunitas Omicron asal WNA yang dilarang masuk ke Indonesia.

Keputusan itu diambil berdasarkan, hasil keputusan bersama dalam rapat terbatas pada 10 Januari dan tertuang dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 02/2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

Juru Bicara Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyatakan, keputusan tersebut diambil mengingat varian Omicron sudah meluas ke 150 dari total 195 negara di dunia per 10 Januari 2022.

Baca Juga : Cegah Meluasnya Kasus Omicron, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan

“Jika pengaturan pembatasan daftar negara masih tetap ada, maka akan menyulitkan pergerakan lintas negara yang masih diperlukan untuk mempertahankan stabilitas negara. Termasuk pemulihan ekonomi nasional,” kata Wiku dalam keterangannya, Jumat (14/1/2022).

Keputusan penghapusan daftar negara dibarengi dengan penetapan kriteria WNA yang masih tetap sama ketatnya. Kini, pemerintah menyamakan durasi karantina bagi seluruh pelaku perjalanan, menjadi 7×24 jam.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button