Headline

Polda Banten Tangguhkan Penahanan Dua Tersangka Buruh

INDOPOSCO.ID – Polda Banten melakukan penangguhan penahanan dua tersangka buruh OS (28) dan MHF (25) dengan alasan kemanusiaan. Penangguhan dilakukan  atas permohonan penjamin dari pihak keluarga tersangka dan pimpinan serikat buruh, Selasa (28/12/2021).

Para tersangka  langsung dijemput Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nani Wea dan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal di Polda Banten. Hadir dalam kegiatan tersebut beberapa pengurus serikat pekerja baik dari kabupaten/kita  maupun Provinsi Banten.

Kedatangan kedua pimpinan serikat buruh Indonesia ini diterima oleh Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Banten Kombes Ade Rahmat Idnal dan Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga.

Baca Juga : Kasus Buruh Duduki Ruang Kerja Gubernur Banten Bisa Diselesaikan dengan Dialog

Dalam pertemuan tersebut Andi Gani menyatakan maksud dan tujuan kedatangannya  ke Polda Banten untuk menjemput anggota yang ditahan dalam peristiwa demo buruh di Kantor Gubernur Banten, pada Rabu (22/12/2021) lalu.

Dirreskrimum Polda Banten Kombes Ade Rahmat Idnal menyatakan mengabulkan permohonan penangguhan tersebut.

“Polda Banten mengabulkan permohonan penangguhan karena alasan kemanusiaan. Kedua tersangka tulang punggung keluarga dan penangguhan yang dilakukan juga sesuai dengan hukum acara pidananya,” kata Ade.

Baca Juga : Usai Ditetapkan Tersangka, Buruh yang Duduki Kursi Gubernur Banten Ngaku Aksinya Hanya Spontan

Andi Gani mengapresiasi langkah humanis Polda Banten dalam pelayanan aksi unjuk rasa, juga dalam penegakan hukum.

“Polda Banten telah melaksanakan tugas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan kami memberikan apresiasi sekaligus meluruskan informasi  di masyarakat bahwa tidak benar adanya massa buruh yang melakukan penerobosan barikade polisi. Massa yang masuk ke ruang kerja gubernur adalah massa yang akan melakukan audiensi tetapi pada saat di lokasi tidak ada pejabat yang representatif yang dapat ditemui,” katanya .

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button