Headline

Ekonomi Nasional di Triwulan III Diprediksi Tumbuh 3,48 Persen

INDOPOSCO.ID – Kepala Ekonom Permata Bank Josua Pardede memprediksikan ekonomi Indonesia pada triwulan III- 2021 tumbuh 3, 48 persen jika dibandingkan triwulan yang sama sebelumnya (year-on-year/yoy), ditopang konsumsi rumah tangga, investasi, dan ekspor.

“Pertumbuhan konsumsi rumah tangga diperkirakan berkisar 3,44 persen (yoy) dari triwulan sebelumnya 5,93 persen (yoy),” ucap Josua kepada Antara di Jakarta, Rabu (3/11), seperti dikutip Antara.

Menurutnya, perlambatan laju pertumbuhan konsumsi rumah tangga dipengaruhi oleh penurunan mobilitas masyarakat sepanjang triwulan III-2021 dibandingkan dengan triwulan II, mengingat pemerintah memberlakukan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang dilanjutkan PPKM Level 3 dan 4 pada triwulan III.

Penurunan mobilitas masyarakat tersebut berpengaruh terhadap penurunan indeks kepercayaan konsumen dan penjualan eceran, di mana dari konsumsi barang tahan lama atau durable goods, pertumbuhan penjualan mobil ritel tercatat naik sekitar 82 persen (yoy) dari triwulan sebelumnya yang tercatat 194 persen (yoy).

Begitu pula, kata Josua, penjualan motor sepanjang triwulan III tahun ini yang juga mengalami pertumbuhan signifikan yakni 32 persen (yoy) dari triwulan sebelumnya 269 persen (yoy).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button