Nasional

KPK Telusuri Komitmen Fee Proyek Mantan Bupati Banjarnegara

INDOPOSCO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri dan menggali informasi terkait komitmen pemberian fee proyek untuk tersangka mantan Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah, Budhi Sarwono dan orang kepercayaan Budhi, Kedy Afandi.

Tim penyidik KPK terus mendalami dugaan tindak pidana korupsi (TPK) dalam pemborongan, pengadaan atau persewaan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Banjarnegara tahun 2017-2018 dan penerimaan gratifikasi.

“Selasa (2/11/2021) bertempat di di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, tim penyidik telah memeriksa saksi untuk tersangka Budhi Sarwono (BS) dan kawan-kawan,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Rabu (3/11/2021).

Para saksi yang diperiksa yakni Budi Gunawan (wiraswasta) dan Erwin dari Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemkab Banjarnegara.

“Para saksi hadir dikonfirmasi antara lain terkait dengan cara mendapatkan proyek pekerjaan di Pemkab Banjarnegara yang diduga dengan melakukan pendekatan khusus disertai dengan komitmen pemberian fee pada tersangka Budhi Sarwono (BS) melalui tersangka Kedy Afandi (KA),” ujar Ali.

Lebih jauh, Ali menjelaskan, hari ini tim penyidik KPK, kembali memeriksa dua saksi yakni Moch. Rachmaudin (DPRD Banjarnegara) dan Hana Pur Dwiatmoko (wiraswasta).

“Hari ini (3/11/2021) pemeriksaan saksi TPK pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten Banjarnegara tahun 2017-2018 untuk tersangka Budhi Sarwono (BS) dan Kedy Afandi (KA),” ujar Ali.

Diketahui, mantan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dijerat KPK dalam kasus dugaan korupsi terkait proyek infrastruktur. Budhi diduga turut serta dalam pemborongan atau pengerjaan proyek baik langsung maupun tidak langsung di Pemkab Banjarnegara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button