Gaya Hidup

Atasi Masalah Kesuburan, Ada Empat Faktor Penting. Apa Saja?

INDOPOSCO.ID – Dokter spesialis kandungan dan kebidanan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr H Agung Budi Hartono SpOG mengatakan terdapat empat faktor penting yang mendukung keberhasilan inseminasi buatan atau prosedur medis untuk mengatasi masalah kesuburan.

“Faktor terpenting itu adalah doa, niat, usaha, dan dana,” ujar Agung dalam pernyataan pers, seperti dikutip Antara, Senin (8/11/2021).

Agung mengatakan inseminasi buatan bisa dicoba dilakukan hingga tiga kali. Namun bila belum berhasil juga, Agung mengatakan pasangan yang mendambakan buah hati bisa mencoba program kehamilan lainnya seperti bayi tabung.

“Karena dari berbagai studi menunjukkan angka keberhasilan inseminasi keempat dan seterusnya tidak lebih baik sedangkan usia istri makin bertambah,” jelas Agung.

Agung mengatakan bahwa salah satu tips sukses untuk program ini adalah kehamilan jangan menunggu hingga usia istri semakin menua. Karena usia istri lebih muda menjadikan kemungkinan hamil menjadi lebih besar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button