Ekonomi

Inovasi Keuangan Digital, BI Gandeng Bank Sentral UEA

INDOPOSCO.ID – Bank Indonesia (BI) dan Central Bank of the United Arab Emirates (CBUAE), menandatangani nota kesepahaman untuk mendorong kerja sama dalam Sistem Pembayaran dan Inovasi Keuangan Digital (SP-IKD).

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menekankan nota kesepahaman dengan bank sentral Uni Emirat Arab (UEA) merupakan upaya pihaknya dalam memperluas kerja sama antara BI dengan mitra strategis di berbagai area utama.

“Nota kesepahaman ini juga merupakan wujud kontribusi BI dalam mendukung upaya Pemerintah Indonesia untuk menjadi anggota Financial Action Task Force (FATF),” katanya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin (8/11/2021).

Tak hanya itu, kerja sama ini sekaligus menunjukkan komitmen Bank Indonesia dalam memerangi tindakan pencucian uang dan pendanaan terorisme serta memenuhi rekomendasi FATF.

Gubernur CBUAE Khaled Mohamed Balama menambahkan penandatanganan nota kesepahaman dengan BI mencerminkan strategi CBUAE untuk mengembangkan sistem pembayaran yang efisien dalam infrastruktur keuangan yang kuat.

Hal ini termasuk kerja sama dengan bank sentral mitra untuk memenuhi standar internasional dalam rangka meningkatkan kepercayaan pasar.

Hal dimaksud juga merupakan langkah nyata CBUAE untuk mencapai pemahaman yang sama dalam mencari solusi dan memperkuat upaya bersama melawan aktivitas keuangan ilegal.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button