Nusantara

Gubernur Incar Yacht yang Parkir di Singapura Pindah ke Kepri

INDOPOSCO.ID – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengupayakan wisman pemilik kapal yacht bersedia parkir di pintu-pintu masuk perairan daerah itu, seperti Nongsa Point Marina (NPM) Batam, Lagoi Bintan, Kepulauan Anambas.

Ansar menyebut potensi yacht itu dapat dioptimalkan untuk menambah pendapatan negara/daerah dari sektor pariwisata jelang akhir tahun 2022.

Menurutnya dari informasi NPM, saat ini terparkir 6.000 yatch di Marina yang ada di Singapura. Dengan wilayah laut Kepri yang lebih indah dan berbatasan langsung dengan negara tetangga itu, tentunya bisa menarik mereka untuk masuk ke Kepri.

“20 sampai 30 persen merupakan angka yang masuk akal. Jika mereka masuk dan menghabiskan uang di sini, tentu akan menggerakkan perekonomian wilayah kita,” kata Ansar di Tanjungpinang, Jumat.

Namun demikian, kata Ansar, permit masuk untuk kapal yacht ke wilayah perairan Indonesia, khususnya Kepri saat ini masih membutuhkan berbagai dokumen yang harus dilengkapi oleh pemilik kapal yang izinnya lintas instansi dan kementerian.

Oleh karena itu, ia berharap ke depannya izin itu bisa dipermudah namun tetap memperhatikan kedaulatan maritim.

“Kalau menyangkut peraturan di daerah bisa kita kaji dan lakukan inovasi. Namun, jika terkait pusat bisa kita fasilitasi agar diberikan kemudahan, tapi tetap tidak melanggengkan dan wisatawan tetap berwisata dengan aman,” jelas Ansar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button