Nasional

KemenKopUKM Perkuat SDM Pengawas dan Calon Manager Koperasi di Malang

INDOPOSCO.ID – Guna meningkatkan kualitas koperasi, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) melalui Deputi Bidang Perkoperasian melakukan pelatihan Pejabat Fungsional Pengawas Koperasi dan Uji Kompetensi Calon Manager KSP/KSPPS se-Provinsi Jawa Timur, di Hotel Aliante, Malang beberapa waktu lalu.

Asisten Deputi Pengembangan SDM Perkoperasian Deputi Bidang Perkoperasian dan Jabatan Fungsional KemenKopUKM Nasrun menyampaikan Pelatihan bagi Pejabat Fungsional Pengawas Koperasi Tahun 2022 dilakukan bekerjasama dengan Pusdiklatwas BPKP.

“Kerjasama dengan Pusdiklatwas BPKP ini kami nilai tepat, karena Pusdiklatwas BPKP memiliki tipologi yang pas terkait Pelatihan bagi Pejabat Fungsional Pengawas Koperasi,” kata Nasrun.

Nasrun mengatakan Pelatihan Fungsional Pengawas Koperasi merupakan salah satu tugas Kementerian Koperasi dan UKM sebagai Instansi Pembina bagi Jabatan Fungsional Pengawas Koperasi. Dijelaskan, saat ini jumlah Fungsional Pengawas Koperasi sebanyak 1.044 yang tersebar di seluruh Indonesia. “Data ini masih terus bertambah mengingat masih berlangsungnya konsolidasi dengan daerah yang melakukan penyetaraan,” ucap Nasrun.

Pelatihan yang diselenggarakan di Malang dengan peserta sebanyak 30 orang merupakan Batch II, sebelumnya pelatihan Batch I telah dilaksanakan untuk Fungsional Pengawas Koperasi di Kementerian Koperasi dan UKM. Pelatihan bagi pengawas koperasi ini rencana diselenggarakan dalam 5 angkatan di 5 lokasi.

Lebih lanjut Nasrun menyampaikan, kegiatan ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan kompetensi, kapasitas, profesionalitas dan integritas bagi Pengawas Koperasi. “Pasalnya, peran Pejabat Fungsional Pengawas Koperasi menjadi salah satu kunci sebagai upaya menangani permasalahan pengawasan koperasi saat ini,” kata Nasrun.

Uji Kompetensi Calon Manager Koperasi

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button