Nasional

Salurkan Dana Bergulir Rp15 Triliun, 16 Tahun LPDB-KUMKM Perkuat Ekonomi Negeri

INDOPOSCO.ID – Kehadiran Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) dalam mendukung permodalan koperasi memasuki usia yang ke-16 tahun.

Di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 ini LPDB-KUMKM mengusung tema “Dukung Ekosistem Koperasi, Perkuat Ekonomi Negeri”, tema ini merupakan implementasi dari upaya LPDB-KUMKM dalam mendukung terbentuknya ekosistem bisnis koperasi.

Kemudian juga, perkuatan ekonomi negeri yang diimplementasikan melalui program pendampingan dari sisi tata kelola bisnis koperasi, akses pembiayaan, hingga akses pemasaran kepada ‘offtaker’ ataupun ‘buyer’ untuk produk koperasi atau anggota koperasi.

Seperti yang dilakukan oleh LPDB-KUMKM di berbagai daerah dengan melakukan sinergi dan kolaborasi program dengan berbagai pihak untuk pengembangan ekosistem bisnis koperasi.

Terdapat beberapa komoditas yang menjadi perhatian dalam pengembangan ekosistem bisnis koperasi seperti pisang, kopi, singkong, sorgum, porang, vanili, buncis, dan kentang yang terus dikembangkan ekosistemnya melalui koperasi dari aspek hulu hingga hilir.

“Upaya ini memiliki makna gelora menebarkan energi positif dan optimisme untuk perkuatan perekonomian Indonesia untuk pulih bersama pasca pandemi Covid-19,” ujar Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Secara kinerja penyaluran dana bergulir, sejak 2008 sampai dengan 2022 LPDB-KUMKM telah menyalurkan dana bergulir sebesar Rp15,09 triliun yang disalurkan kepada 3.168 mitra di seluruh Indonesia.

“Sedangkan untuk kinerja tahun 2022 sampai dengan bulan Agustus, telah disalurkan dana bergulir sebesar Rp1,117 Triliun, dengan rincian pola kovensional sebesar Rp591 miliar, dan pola syariah sebesar Rp526 miliar,” kata Supomo.

Optimis Lampaui Target

Dari sisi target, pada 2022 ini, LPDB-KUMKM diberikan target penyaluran oleh pemerintah sebesar Rp1,8 triliun dari tahun sebelumnya sebesar Rp1,6 triliun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button