Nasional

Menhan Prabowo-Menhan Prancis Bahas Peningkatan Kerja Sama Pertahanan

INDOPOSCO.ID – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis Florence Parly beserta delegasi di Gedung Kementerian Pertahanan di Jakarta, Kamis, guna membahas peningkatan kerja sama dan memperkuat hubungan bilateral pertahanan antara Indonesia dan Prancis.

“Kami membahas secara mendalam beberapa hal di bidang pertahanan,” kata Menhan Prabowo saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (10/2).

Pertemuan tersebut merupakan lanjutan dari Penandatanganan Persetujuan Kerja sama Pertahanan/Defence Cooperation Agreement (DCA) di Paris, pada 28 Juni 2021, untuk memperkuat dan memperluas cakupan kerja sama pertahanan.

Berdasarkan beberapa Letter of Intent alat utama sistem senjata (alutsista), Indonesia dan Prancis telah memulai Working Group Alutsista Strategis (Dassault Rafale, Scorpene Submarine, Frigate dan MBDA Missile). Sehingga, agenda selanjutnya akan mengutamakan pada pembahasan kontrak pengadaan dan alih teknologi.

Menurut Prabowo, hubungan bilateral antara Indonesia dan Perancis di bidang pertahanan telah terjalin cukup lama, sejak 1950.

“Dan saat ini, status hubungan bilateral kita di bidang pertahanan berada dalam status tertinggi yaitu kita telah menandatangani perjanjian kerja sama pertahanan pada tanggal 27 Juni 2021,” tambahnya seperti dikutip Antara, Kamis (10/2).

Hal itu, lanjutnya, memerlukan ratifikasi dari parlemen untuk bisa diimplementasikan dengan baik.

Tak hanya di bidang alutsista, kerja sama pertahanan di bidang pendidikan dan pelatihan juga dilakukan, antara lain kegiatan program pertukaran kunjungan serta rencana kunjungan marinir Indonesia ke Kaledonia Baru.

“Sampai saat ini lebih dari 300 personel militer Indonesia telah menyelesaikan program pendidikan dan pelatihan di Perancis,” kata Prabowo.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button