Nasional

Dukung Perekonomian Daerah, Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Perdana

INDOPOSCO.ID – Berbagai strategi guna percepatan pemulihan ekonomi nasional terus digalakkan oleh pemerintah, salah satunya melalui ekspor komoditas daerah. Pada Selasa (25/01) Bea Cukai Tanjungpinang memfasilitasi kegiatan eskpor perdana di Bintan, Kepulauan Riau dan pada hari yang sama Bea Cukai Kediri turut fasilitasi komoditas vanili di Kediri, Jawa Timur.

Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, menyatakan bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) melakukan pelepasan ekspor perdana Smelter Grade Alumina (SGA) di PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Bintan, Kepulauan Riau. Dalam peluncuran tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto dan sejumlah menteri lain.

“Hal ini menjadi langkah awal bagi Indonesia agar dapat menjadi negara maju. Kegiatan ekspor barang setengah jadi atau barang jadi jauh lebih menguntungkan bagi penerimaan negara dibandingkan ekspor barang mentah. Misalnya dalam kegiatan ekspor SGA bernilai 770 USD per ton dibandingkan dengan harga alumina yang diolah dari bauksit mentah hanya sebesar 188,2 USD,” terang Hatta.

Baca Juga : Cermat Bertransaksi, Hindari Penipuan Mengatasnamakan Bea Cukai

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button