Nasional

Cek Kesiapan Ekspor, Bea Cukai Kunjungi Para Pelaku Usaha

INDOPOSCO.ID – Peran Bea Cukai dalam mendorong ekspor demi pemulihan ekonomi nasional, tak sekadar dalam pemberian fasilitas fiskal terhadap pelaku ekspor. Bea Cukai juga menegaskan perannya dalam mewujudkan slogan “Ekspor itu Mudah” dengan mengasistensi para pelaku usaha berpotensi ekspor. Hal ini dilakukan agar para calon eksportir memahami aturan kepabeanan yang berlaku, sehingga dapat memenuhi semua persyaratan ekspor dan mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas dan layanan ekspor yang disediakan Bea Cukai.

Kasubdit Hubungan Masayarakat dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea Cukai, Hatta Wardhana, pada Rabu (19/01) mengatakan kantor-kantor pelayanan Bea Cukai terus berupaya mengasistensi para pelaku usaha di wilayah pelayanannya untuk dapat melakukan ekspor. Seperti yang dilakukan Bea Cukai Ambon dan Bea Cukai Timika, yang mengunjungi beberapa perusahaan untuk mengecek kesiapan ekspor dan menggali potensi ekspor daerah.

“Di awal tahun 2022 ini, gairah ekspor terus meningkat di wilayah Maluku. Hal ini pun membuat Bea Cukai Ambon semakin aktif untuk mengasistensi para pelaku usaha dan mengecek kesiapan ekspor mereka,” ungkapnya.

Baca Juga : Bea Cukai Jakarta dan Polda Metro Jaya Amankan 450.000 Batang Rokok Tanpa Pita Cukai

Bea Cukai Ambon mengunjungi dua perusahaan, yaitu PT Kreasi Himono Indonesia dan PT Kamboti. Pada kunjungan ke gudang PT Kreasi Himono Indonesia di tanggal 13 Januari 2022, Bea Cukai Ambon mengecek kesiapan ekspor olahan ikan perusahaan tersebut. “Sebelumnya, perusahaan telah mengurus pembuatan modul pemberitahuan ekspor barang (PEB) ke Bea Cukai dan saat ini mereka tengah menunggu terbitnya surat izin impor dari badan karantina negara tujuan ekspor yaitu Thailand. Dokumen berupa certificate of origin yang merupakan syarat dari Thailand untuk penerbitan surat izin impor telah dikirim dan perusahaan masih harus menunggu 7-10 hari sampai surat izin impornya terbit,” jelasnya.

Hatta pun menegaskan bahwa Bea Cukai akan terus mengasistensi perusahaan yang berencana melakukan ekspor secara kontinu dengan tonase satu sampai dua ton tiap pengiriman itu, “Kami berharap seluruh proses dan tahapan ekspor ini dapat dipenuhi agar usaha usaha di Maluku semakin berkembang dan memulihkan perekonomian daerah. Bea Cukai akan berkontribusi penuh terhadap proses ekspor tersebut.”

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button