Nasional

Indonesia dan Australia Siap Jaga Stabilitas Maritim di Kawasan

INDOPOSCO.ID – Badan Keamanan Laut dan Angkatan Laut Australia menegaskan komitmen dua pihak siap menjaga stabilitas dan keamanan maritim di kawasan.

Komitmen itu disampaikan oleh Kepala Badan Keamanan Laut, Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, dan Kepala Staf Angkatan Laut Australia, Vice Admiral Michael Joseph Noonan, saat keduanya bertemu di Markas Besar Badan Keamanan Laut, Jakarta, Selasa.

“Kami berkomitmen untuk terus mendorong kawasan yang damai dan aman dengan ASEAN sebagai pusatnya,” kata Noonan, saat dia berkunjung ke Markas Bakamla dan bertemu dengan Kurnia.

Dalam pertemuan itu sebagaimana pernyataan Badan Keamanan Laut di Jakarta, Selasa, mereka membahas berbagai isu keamanan maritim di kawasan.

Dari ragam isu keamanan itu, Kurnia kepada Noonan menanyakan sasaran strategis dan implementasi Pakta Keamanan Australia, Inggris, dan Amerika Serikat (AUKUS) dalam membangun kapal selam bertenaga nuklir.

Baca Juga: Tim Jibom Brimob Polda Banten Temukan Bahan Peledak di Pandeglang

Noonan pun menjelaskan AUKUS bukan pakta pertahanan, melainkan wadah untuk anggota berbagi teknologi dan kemampuan secara baik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button