Nasional

Lewat Kepemimpinan Global, Pemerintah Pulihkan Ekonomi Berkelanjutan

INDOPOSCO.ID – Pemerintah menjadikan kepemimpinan Indonesia sebagai Presidensi G20, Ketua Forum High Level Task Force on Economic Integration (HLTF-EI) dan kepemimpinan di Forum ASEAN pada 2023 sebagai wujud pemulihan ekonomi berkelanjutan.

Atas peran penting dan strategis tersebut, telah dilakukan pertemuan antara Co-Sherpa G20 Edi Prio Pambudi, HLTF-EI Lead Indonesia Rizal Affandi Lukman, dan Deputy Secretary-General for ASEAN Economic Community (AEC) Satvinder Singh guna merumuskan berbagai langkah bersama dalam rangka sinergi dan kolaborasi antara G20 dan ASEAN.

“Kepercayaan yang diberikan oleh negara-negara anggota ASEAN untuk memegang tampuk kepemimpinan HLTF-EI tahun ini harus bisa dimanfaatkan oleh Indonesia secara maksimal. Untuk itu, Indonesia perlu mempersiapkan secara matang dan memainkan peran penting ini,” tutur Staf Khusus Menko Perekonomian Rizal Affandi Lukman selaku HLTF-EI Lead Indonesia dalam keterangannya, Sabtu (8/1/2022).

Baca Juga: Perpres Percepatan Pembangunan Dukung G20-ASEAN Summit Diteken

Selain kepemimpinan Indonesia, 2022 merupakan tahun penting bagi The Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dimana 2 forum kerja sama ekonomi internasional besar lainnya dipimpin oleh negara anggota ASEAN, yakni Kamboja menjadi Ketua ASEAN dan Thailand menjadi Ketua Asia Pacific Economic Cooperation (APEC).

Berhubungan dengan pemulihan pandemi L ID-19 sebagai prioritas utama G20 dan ASEAN, Co-Sherpa G20 Edi Prio Pambudi menyatakan pemulihan ekonomi harus merata dirasakan oleh seluruh negara di kawasan, sejalan dengan tema Presidensi G20 tahun ini “Recover Together, Recover Stronger”.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button