Nasional

Pemkab Badung Acungi Jempol Kemensos, Pejuang Muda Minta Dilanjutkan

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung, Bali mengusulkan kepada Kementerian Sosial (Kemensos) untuk memperpanjang Program Pejuang Muda. Program ini dinilai mampu mengakselerasi penanganan masalah sosial (masos), termasuk pemutakhiran data.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Badung Bali I Ketut Sudarsana mengacungi jempol atau mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kemensos, karena Program Pejuang Muda dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat setempat.

“Terima kasih untuk Program Pejuang Muda yang telah membantu kami memverifikasi data. Kini sekitar sebulan mereka melakukan kerja luar biasa serta membantu menyelesaikan permasalahan sosial,” ujarnya di Mangupura belum lama ini.

Baca Juga : Kejar Deadline, Mensos Minta Bansos di Surabaya Cair Manual

Hingga kini, lanjut I Ketut, Program Pejuang Muda telah menyelesaikan 30 persen pemutakhiran data dan permasalahan sosial. Pencapaian 30 persen tersebut merupakan kinerja yang tergolong baik.

Sebab, permasalahan data dan tantangan penyelenggaraan kesejahteraan sosial (kesos) bukan persoalan sederhana. Ia yakin, bila program ini dilanjutkan, akan membawa progres signifikan.

“Salut dengan kinerja mereka menyelesaikan 30 persen persoalan data dan masalah sosial. Mereka bisa bekerja dengan cepat dan profesional. Jadi, kami meminta pada Ibu Mensos agar dilanjutkan program bagus ini kendati masih perlu dievaluasi agar ke depan bisa lebih baik,” tandasnya.

Salah satu persoalan yang berhasil diatasi Pejuang Muda adalah masalah data. Ketut menilai, Pejuang Muda bisa bekerja cepat dan profesional dalam verifikasi data, termasuk bagaimana menyisir data ganda.

Baca Juga : Selain Bentuk Sembako, BPNT Dapat Juga Dicairkan secara Tunai

“Ini tentu sangat membantu meningkatkan ketepatan sasaran bantuan sosial (bansos). Menyikapi data yang bersifat dinamis, perlu dukungan SDM dengan kinerja baik seperti Pejuang Muda,” ujarnya.

Lebih jauh I Ketut menandaskan selama sebulan terakhir, pihaknya terus memantau kegiatan Program Pejuang Muda. Sejauh ini tidak ada masalah dalam dukungan logistik seperti penginapan, kendaraan maupun di lapangan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button