Nasional

Kejar Deadline, Mensos Minta Bansos di Surabaya Cair Manual

INDOPOSCO.ID Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini telah meminta Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk mencairkan bantuan sosial (bansos) di Surabaya, Jawa Timur (Jatim) secara manual. Hal ini dilakukan untuk memastikan masyarakat prasejahtera di Kota Pahlawan menerima haknya sebelum tenggat akhir tahun.

“Saya sudah bicara dengan Pak Wali. Nanti akan dikumpulkan di satu tempat. Dicairkan di situ. Ini kan sudah akhir Desember, harus segera dicairkan. Sementara KPM banyak yang belum terima kartu,” kata Risma, sapaan Mensos saat mengecek pencairan bansos di Kantor Kelurahan Pakis, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya, Senin (27/12/2021).

Selain di Pakis, Mensos juga melakukan pengecekkan pencairan bantuan di Kantor Kecamatan Tambaksari. Tiba di Pakis, Mensos langsung mengecek data penerima bansos berupa Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako. Risma terus mendorong agar bansos segera cair mengingat pada Desember segera berakhir.

Baca Juga : Mensos Ingatkan Bank Himbara Percepat Pencairan Bansos Akhir Tahun

Didampingi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Risma menjelaskan, urgensi percepatan penyaluran bansos bulan ini. Pencairan bansos tidak boleh melewati 31 Desember 2021 karena akan terblokir.

Dari informasi dan pengamatan, Mensos menyampaikan bahwa KPM yang belum cair bantuannya karena masih harus menunggu pencetakan dan pembagian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Proses ini membutuhkan waktu beberapa lama.

“Kalau harus menunggu pencetakan dan pembagian KKS akan lama. Padahal waktunya semakin dekat,” katanya. Arahan Mensos disambut baik Wali Kota Eri.

Ia mengatakan, bansos bagi masyarakat pra sejahtera dari Kemensos sangat ditunggu. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sejalan dan bersinergi dengan Kemensos agar bantuan segera dapat dicairkan.

Baca Juga : Hadapi Bencana, Mensos Cek dan Ricek Bungsos di Tulungagung dan Trenggalek

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button