Nasional

Tak Revisi UU Pemilu, Pengamat Sebut Sikap Puan Tak Aspiratif

INDOPOSCO.ID – Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan, DPR RI telah sepakat tidak merevisi UU Pemilu. Ungkapan tersebut mencerminkan dirinya sosok yang tidak aspiratif. Pernyataan tersebut diungkapkan Pengamat Komunikasi Politik M Jamiluddin Ritonga melalui gawai, Sabtu (18/12/2021).

Dengan pernyataan Puan tersebut, menurut dia, dengan sendirinya telah menutup peluang untuk merevisi UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Padahal, berbagai elemen masyarakat tengah merencanakan Judicial Review (JR) presidential threshold (PT) 20 persen yang diatur dalam UU tersebut.

“Celakanya, Puan justru meminta masyarakat untuk menghormati kesepakatan DPR RI. Di sini jelas Puan seolah-olah tidak memahami dari mana asalnya serta apa tugas dan fungsi DPR RI,” ungkapnya.

Baca Juga : DPD Dukung Uji Materi dan Revisi UU Pemilu

Ia menjelaskan, Puan seharusnya paham, DPR RI bertugas menyerap aspirasi masyarakat. Terkait aspirasi PT 20 persen, menurut Jamiluddin, Puan seharusnya menyerap dengan sungguh-sungguh dan mengimplementasikan ke fungsi pengawasan dan fungsi legislasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button