Nasional

Menteri ATR/Kepala BPN Serahkan Sertipikat Redistribusi Tanah eks-HGU di Kabupaten Semarang

INDOPOSCO.ID – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/Kepala BPN), Sofyan A. Djalil, menyerahkan 15 sertipikat tanah hasil dari program Redistribusi Tanah bekas Hak Guna Usaha (HGU) PT Sinar Kartasura, Konsolidasi Tanah, Barang Milik Negara (BMN), Barang Milik Daerah (BMD), dan program Lintas Sektor. Sertipikat diserahkan secara simbolis di Rumah Layanan Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang, Senin (06/12/2021).

Sofyan A. Djalil mengatakan bahwa redistribusi tanah merupakan bagian dari upaya Kementerian ATR/BPN untuk memberikan kepastian hukum atas tanah yang telah bertahun-tahun dikelola oleh masyarakat. Menurutnya, Kecamatan Bandungan memiliki tanah yang subur sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai tanaman, baik buah maupun sayuran. Penyerahan sertipikat juga dilakukan sebagai bukti keseriusan Kementerian ATR/BPN dalam menangani permasalahan pertanahan, terutama sengketa.

“Hari ini kita membagi sertipikat, terutama redistribusi tanah. Tanahnya subur sekali, hitam tanahnya, jarang-jarang tanah yang seperti itu. Oleh sebab itu, dengan diberikan kepada masyarakat dan ada kepastian hukum maka insyaAllah tanah ini akan termanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kita memberikan sertipikat tanah sebanyak mungkin, redistribusi tanah, tanah-tanah sengketa, tanah bekas HGU yang sudah telantar dengan jumlah 141,5 hektare,” ujarnya.

Baca Juga : Sosialisasi di Cilacap, Anggota Komisi II DPR Minta Masyarakat Waspada Mafia Tanah

Menteri ATR/Kepala BPN selanjutnya melaporkan bahwa saat ini tengah dilakukan percepatan sertipikasi terhadap aset pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tentunya, hal ini dapat berjalan lancar dengan bantuan berbagai pihak, khususnya pemerintah daerah. “Ini ada setiap kepala kantor pertanahan dan kantor wilayah, ada yang mengawasi supaya seluruh aset ini bisa didaftarkan, disertipikatkan,” tegasnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang turut hadir dalam kesempatan ini mengungkapkan bahwa Kementerian ATR/BPN merupakan lembaga strategis yang diminati oleh masyarakat sejak mengeluarkan program sertipikasi tanah. Begitu pula dengan redistribusi tanah yang mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Provinsi Jawa Tengah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button