Nasional

Kasus Lahan SMKN 7 Tangsel, KPK Periksa Mantan Kadindikbud Banten

INDOPOSCO.ID – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadindikbud) Provinsi Banten Engkos Kosasih Samanhudi terkait kasus dugaan korupsi pengadaan lahan SMKN 7 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

“Hari ini (9/11/2021) penyidikan perkara terkait dugaan korupsi pengadaan tanah untuk pembangunan SMKN 7 Tangerang Selatan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten tahun anggaran 2017,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Selasa (9/11/2021).

Selain mantan Kadindikbud Banten, sejumlah saksi lainnya yang turut diperiksa yakni Agus Salim, Lurah Rengas, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangsel; Durahmam, Camat Ciputat; Aceng Haruji, Kepala SMKN 7; Ardius Prihantono, mantan Sekretaris Dindikbud Banten dan saat ini menjadi Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsi0 Provinsi Banten; dan Vera Nur Hayati, Ketua Tim Audit Inspektorat Banten.

Baca Juga : KPK Dalami SK Fiktif Panitia Pengadaan Lahan SMKN 7 Tangsel

Ali mengungkapkan, pemeriksaan saksi-saksi bertempat di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang.

Ali mengatakan pada Senin (8/11/2021) bertempat di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang, tim penyidik juga telah memeriksa sejumlah saksi.

Saksi-saksi, yang telah diperiksa adalah para pelaksana di Dindikbud Provinsi Banten yakni Supriyati, Ujang Diana, Dian Hardianto, Mochamad Hendra, Fahrozi dan Moammar Yasser.

Baca Juga : ALIPP Desak KPK Tetapkan Tersangka Korupsi Lahan SMKN 7 Tangsel

“Para saksi hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan dugaan adanya surat keputusan fiktif terkait pembentukan kepanitiaan untuk pengadaan lahan yang salah satunya untuk SMKN 7 Tangsel,” ujar Ali.

Sebelumnya, Selasa (26/10/2021) tim penyidik KPK telah memeriksa dua saksi yakni Kepala SMAN 8 Kota Tangsel, Imam Supingi, dan Farid Nurdiansyah, dari pihak swasta.

Pada Senin (25/10/2021), tim penyidik KPK telah memeriksa pemilik lahan SMKN 7 Tangsel, Sofia M. Sujudi Rassat dan dari pihak swasta, Suyadi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button