Nasional

24 Ribu Anak Kehilangan Orang Tua Akibat Covid-19

INDOPOSCO.ID – Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta pemerintah daerah mempercepat pendataan anak yang kehilangan orang tuanya akibat pandemi Covid-19.

“Agar mereka tetap semangat, mereka bisa bersekolah, karena mereka akan menerima bantuan sosial untuk mereka bisa sekolah,” ujarnya seperti dikutip Antara, Selasa (2/11/2021)

Dia mengatakan kurang lebih terdapat 24.000 anak yang kehilangan orang tua akibat Covid-19. Namun, angka tersebut masih perlu verifikasi lebih lanjut. Kementerian Sosial akan mengupayakan adanya anggaran untuk memberikan bantuan kepada mereka.

Baca Juga : 29 Kelurahan di Depok Catatkan Nol Kasus Covid-19

Selain itu, Risma mengatakan pentingnya membangkitkan semangat anak yang kehilangan orang tuanya dampak pandemi Covid-19 untuk menjalani kehidupan lebih lanjut, termasuk pendidikan.

Ia mengatakan setelah anak mengalami syok akibat kehilangan orang tua tersebut, dibutuhkan terapi dan layanan dukungan psikososial sehingga mereka dapat kembali bangkit. “Yang saya pelajari, terutama yang masih sekolah itu syok sekali, karena mereka memikirkan masih bisa sekolah atau tidak (setelah kehilangan orang tua, red.),” ujar Risma.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button