Nasional

Wamenkeu: Manfaatkan DBHCHT Sesuai Ketentuan

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Daerah (Pemda) diingatkan agar memanfaatkan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) sesuai dengan ketentuan. Pemerintah mencairkan DBHCHT untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendorong sektor kesehatan serta memperkuat upaya pemberantasan rokok ilegal.

Proporsi pemanfaatannya juga telah diatur dalam PMK 206/2020. Alokasi DBHCHT se-Malang Raya tahun 2021 mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya. Kabupaten Malang merupakan kabupaten penerima DBHCHT dengan nilai tertinggi se-Malang Raya dan tertinggi kedua se-Jawa Timur.

“Ketika dana bagi hasil ini dikembalikan ke daerah, masuk ke APBD. Tahun lalu, Kabupaten Malang menerima Rp70 miliar, tahun ini naik Rp80 miliar. Mengapa naik? Penerimaannya naik, dana bagi hasilnya juga naik. Untuk dana pembangunan di daerah, salah satunya juga diambil dari DBHCHT tiap tahunnya. Sehingga ada peningkatan pembangunan di suatu daerah,” ujar Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara saat memantau penggunaan DBHCHT di Desa Jatiguwi, Sumberpucung, Kabupaten Malang, Rabu (31/3/2021). Kunjungan Wamnkeu disambut langsung oleh Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto.

Wamenkeu juga mendapatkan masukan langsung dari petani tembakau serta pemerintah daerah (Pemda) guna perbaikan kebijakan pengelolaan DBHCHT di masa yang akan datang. “Saya berterima kasih, apalagi ada keinginan Pemda untuk membangun rumah sakit. Tentu ini sangat baik dengan adanya gabungan berupa dukungan dari dunia usaha, masyarakat, dan dukungan APBD 9Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Mohon untuk tetap ada dalam koridor peraturan perundangan yang berlaku,” pesannya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button