Nasional

Songsong Era Society 5.0, Kemendikbud Dorong Perguruan Tinggi Ubah Pola Pendidikan

INDOPOSCO.ID – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Prof Ir Nizam, mendorong perguruan tinggi agar mengubah pola pendidikan era revolusi industri 3.0 dengan kompetensi menuju industri baru yang tengah berkembang menyongsong Era Society 5.0.

”Memasuki society 5.0 kita dihadapkan dengan masa yang cepat berubah dan serba tidak pasti yang ditandai dengan hilangnya pekerjaan dan kompetensi lama yang sudah dipersiapkan oleh perguruan tinggi,” tutur Nizam dalam keterangannya, Jumat (12/2/2021).

“McKinsey memprediksi dalam 10 tahun kedepan ada 23 juta lapangan pekerjaan di Indonesia yang akan digantikan dengan otomasi, yang lebih banyak berasal dari lulusan perguruan tinggi sementara pekerjaan yang akan dimasuki hilang dalam waktu yang semakin lama semakin cepat,” sambung Nizam.

Lebih laniut, Nizam menambahkan akibat dari dunia yang semakin cepat berubah, tidak ada pilihan lain selain selalu belajar dan selalu siap beradaptasi dengan melakukan inovasi yang akan berpotensi melahirkan pekerjaan baru yang semakin banyak namun sebagian besar dari pekerjaan tersebut masih belum tersedia saat ini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button