Nasional

Ini Penjelasan Pemalsuan Sertifikat Tanah Keluarga Dino Patti Djalal

INDOPOSCO.ID – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil menjelaskan, penyebab tanah milik keluarga eks Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal bisa beralih nama atas nama orang lain tanpa adanya proses jual beli.

“Dari segi hukum tanah, administrasi untuk tanah, kelihatannya semuanya oke ya, semua persyaratan ada. Ada akta jual beli (AJB) kemudian ada pengecekan, dan dicek ke kantor BPN, ada akta jual beli. Sehingga BPN tidak bisa mengetahui bahwa akta jual beli itu adalah orang yang tidak berhak,” tutur Sofyan saat konferensi pers secara virtual, Kamis (11/2/2021).

Sebab lanjut Sofyan, menurut informasi yang dia terima, kejahatan ini dilakukan oleh komplotan dengan modus membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) palsu.

“Jadi masalahnya penjahat itu memalsukan KTP atau ganti foto. Ini bukan KTP elektronik tapi yang diganti itu KTP yang lama. Karena itu, BPN bisa melakukan pengalihan kepemilikan tanah, lantaran dinilai syaratnya dianggap lengkap oleh BPN,” ucapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button