Nasional

Kementan Kawal Serangan Hama Tikus di Ciamis

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) merespon cepat serangan hama tikus yang menyerang puluhan hektare pertanaman padi di Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Jajaran Kementan melalui Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis segera merespon permasalahan hama tikus yang dialami petani di desa tersebut.

Koordinator Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Kabupaten Ciamis bersama para petugas lapangan setempat seperti POPT Kecamatan Cihaurbeuti, Penyuluh Pertanian Desa Cijulang, dan Kelompok Tani Mekar IV Desa Cijulang bersama-sama melakukan kegiatan gerakan pengendalian hama tikus di lahan pertanian setempat.

Petugas POPT Kecamatan Cihaurbeuti, Iis Mukhofilah, melaporkan bahwa kondisi tanaman padi di lahan yang terserang tikus saat ini berada pada stadia vegetatif akhir dan generatif awal. ”Lokasi pertanaman padi yang terserang hama tikus musim tanam lalu, saat ini sudah ada pertanaman baru yang sudah masuk stadia vegetatif akhir dan generatif awal,” ungkap Iis.

Iis menyatakan, lahan pertanaman padi di Desa Cijulang seluas 124 ha saat ini telah ditanami padi varietas Ciherang dengan kisaran umur tanaman 75 hst dan Kelompok Tani Mekar IV seluas 4 ha dengan intensitas serangan 7,4%.

Menurut Iis mengendalikan hama tikus yang menyerang, telah dilakukan gerakan pengendalian (Gerdal) hama tikus di Desa Cijulang dan desa lainnya oleh para petani dengan didampingi para petugas lapangan. Gerdal hama tikus disesuaikan dengan kondisi lapangan yang ada pertanaman dengan melakukan pengemposan liang-liang persembunyian hama tikus menggunakan Basmikus.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button