Nasional

LPEM FEB UI: BLT Dana Desa Berdampak Positif bagi Masyarakat Pedesaan

INDOPOSCO.ID – Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) mengeluarkan hasil riset terbarunya terkait dengan dampak Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Dalam riset itu disebutkan bahwa BLT DD sangat berdampak positif terhadap masyarakat pedesaan di masa pandemi.

Riset tersebut dipublikasikan dalam diskusi Desiminasi Hasil Riset dengan tema Melihat Indonesia dari Angkasa: Covid-19, Dana Desa dan Pemulihan Ekonomi Nasional, secara virtual, Senin (25/1/2021).

Teguh Darmanto, Ph. D selaku ketua riset menjelaskan perlunya untuk melakukan rapid assesment terhadap evaluasi dana desa, Covid-19, dan pemulihan ekonomi.

Menurutnya hal itu dilakukan sebagai bentuk mitigasi (memperbaiki) secara cepat. Sehingga dalam evaluasi cepat itu bisa melihat dampak Covid-19 terhadap perekonomian desa, juga dampak dana desa terhadap perkembangan ekonomi.

Sementara itu, M. H. Yudhistira, Ph. D yang juga sebagai tim dalam penelitian ini mengatakan, bahwa langkah pemerintah mengeluarkan BLT DD merupakan sebuah kebijakan yang sangat pas di masa pandemi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button