Megapolitan

Hindari Konflik Pertanahan, BPN Kabupaten Tangerang Benahi Pelayanan

INDOPOSCO.ID – Pelayanan Pertanahan di Kabupaten Tangerang terus diperbaiki oleh BPN (Badan Pertanahan Nasional) untuk menghindari terjadinya sengketa lahan dan over lapping kepemilikan sertifikat tanah.

Kantor BPN Kabupaten Tangerang Nugraha mengatakan pihaknya terus berupaya meminimalisir terjadinya sengketa kepemilikan lahan.

”Harusnya, dalam satu bidang tanah itu hanya ada satu sertifikat. Apabila terdapat sertifikat lain, maka dapat dikatakan yang satu palsu. Namun demikian, bisa saja asli namun ada indikasi cacat administrasi. Karena itu, dapat dilakukan pembatalan sertifikat yang palsu tersebut dengan melakukan penyelidikan yang ketat dan melibatkan banyak pihak terkait,” terang Nugraha.

Baca Juga : Batas Kepemilikan Lahan Jadi Biang Konflik Masyarakat Adat dan BUMN

Mantan Kabid Pendaftaran dan Penetapan Hak BPN Banten ini menjelaskan, untuk membuktikan sertifikat hak atas tanah tersebut, dilakukan uji meteriil dan administrasi dari bukti sertifikat yang terindikasi cacat administrasi tersebut.

“Jadi sebelum membatalkan sertifikat yang terindikasi cacat administrasi, akan kita gelar uji materiil bersama dengan pihak terkait. Jika terbukti mengandung suatu kepalsuan dan indikasi pidana maka akan kita laporkan kepada aparat penegak hukum,” tegasnya kepada Indoposco, Sabtu (30/10/2021).

Nugraha menjelaskan, terkait banyaknya aduan permasalahan pertanahan di wilayah Utara Kabupaten Tangerang, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk menyelesaikannya, bahkan pihaknya sudah membatalkan ratusan buku sertifikat yang terindikasi cacat administrasi tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button