Internasional

Tokoh Non-Politik Jadi Wakil Myanmar di Pertemuan ASEAN

INDOPOSCO.ID – Delegasi Myanmar akan diwakili oleh tokoh non-politik dalam pertemuan para menteri luar negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN Foreign Ministers Retreat/AMM Retreat) yang diselenggarakan pada 16-17 Februari 2022.

“Kehadiran Myanmar pada tingkat senior officials meeting akan dihadiri oleh pejabat tinggi kementerian luar negerinya. Untuk pertemuan tingkat menteri seyogianya dia juga yang hadir sebagai perwakilan non-politik,” kata Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemlu RI Sidharto R Suryodipuro , seperti dilansir Antara, Kamis (10/2/2022).

Partisipasi perwakilan non-politik Myanmar dalam pertemuan-pertemuan ASEAN telah disepakati oleh para negara anggota perhimpunan sejak tahun lalu, karena Myanmar dianggap gagal mengimplementasikan Konsensus Lima Poin guna mengatasi krisis pasca kudeta militer 1 Februari 2021.

Baca Juga: Kritik Militer, Dua Tokoh Sudan Ditangkap

Selama belum ada kemajuan dalam implementasi Konsensus Lima Poin, kata Arto, Myanmar akan terus diwakili oleh tokoh non-politik dalam pertemuan ASEAN termasuk dalam pertemuan ASEAN dengan berbagai mitra wicaranya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button