Headline

KPAI Dorong Sekolah Buat Aturan Ketat Saat PTM

INDOPOSCO.ID – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendorong sekolah tegas membuat aturan agar warga sekolah dilarang datang ke sekolah saat PTM jika mengalami demam, sakit tenggorokan, batuk bukan disebabkan alergi, kesulitan bernapas bukan karena asma, diare atau muntah, kehilangan rasa, sakit kepala parah baru timbul, terutama dengan demam.

Tak hanya itu, KPAI juga mendorong pendidik dan orangtua peserta didik harus mengedukasi dan menjadi role model perubahan perilaku bagi anak-anak, karena PTM di masa pandemi sangat berbeda dengan PTM sebelum pandemic.

“Para pendidik dan orang tua harus mengedukasi dan menjadi panutan perubahan perilaku anak-anak dalam melaksanakan protokol kesehatan 3 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak),” ujar Retno Listyarti ,Komisioner KPAI Biadang Pendidkan kpada INDOPOSCO, Minggu (2/1/2021).

Baca Juga : Jokowi: Materi dan Metode Pembelajaran Harus Lebih Menarik

Menurut Retno, PTM di masa pandemi sangat berbeda dengan PTM sebelum pandemi. “Berdasarkan pemantauan langsung KPAI di sejumlah sekolah di beberapa daerah, pelanggaran PTM terbanyak adalah pada penggunaan masker yang salah. Bahkan, ditemukan guru dan siswa yang tidak memakai maskernya,’ ungkapnya.

Tak hanya itu, pada pelaksnaan PTM nanti, pemerintah pusat wajib melakukan percepatan vaksinasi kepada peserta didik usia 12-17 tahun dan usia 6 – 11 tahun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button